Cara Mengobati Sariawan Dengan Ampuh

Lookme.id- sariawan adalah jenis penyakit yang sering diderita oleh sebagian besar orang dari mulai orang dewasa maupun anak-anak.

Penyakit sariawan ini biasanya ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti kekurangan vitamin, mineral, perubnahan hormon, infeksi, dan juga adanya luka yang di akibatkan oleh kegigit di sekitar bagian bibir dan lidah sehingga mengakibatkan terjadinya sariawan.

Keluhan yang di rasakan saat sariwan seperti, nyeri dan rasa tidak nyaman terutama saat makan dan bicara. Untuk pengobatannya sariawan jenis ringan biasanya tidak perlu di obati, dalam waktu 1-2 minggu akan sembuh dengan sendirinya dan untuk jenis sariwan yang lebih serius bisa mencoba bebrapa alernatif pengobatan dengan cara herbal maupun obat yang bisa di beli di apotik.

1. Daun Sirih.

Daun Sirih biasanya di konsumsi dengan cara di kunyah. tanaman yang umum dipakai dalam pengobatan tradisional ini memiliki beberapa khasiat, di antaranya adalah sebagai antioksidan, antiradang dan antibakteri. itulah sebabnya mengapa daun sirih dapat digunakan sebangai obat herbal untuk menjaga kesehatan dan mulut.

2. Munyak Zaitun Dan Minyak Kelapa.

Minyak zaitun bisa mengobati peradangan dan menghilangkan kuman dan penyakit di mulut, adapun minyak kelapa bisa meredakan peradangan, bakteri di sarang mulut.

Untuk menyembuhkan dengan minyak zaitun, campur beberapa tetes minyak zaitun dengan air mineral, lalu di aduk hingga tercampur rata. semprotkan pada area yang terkena sariawan. jika tertarik menggunakan minyak kelapa murni, anda bisa menungkan bebrapa tetes minyak kelapa kekapas dan menepuk-nepukan di bangian sariawanya.


3. Kumur Air Garam.

Untuk menyembuhkan sariawan anda bisa melalukan pengobatan alternatif ini, yang berguna untuk meredakan rasa nyeri yang di sebabkan oleh sarirawan, yang sangat mengganggu,caranya siapakan larutan air garam setelah itu berkumurlah selama 3-4 kali sehari.

Garam memiliki kandungan yodium, dan unsur natrium chloride yang di masuk ke dalam gologan halogen, tujuan utama berkumur deangan air garam saat sariawan adalah untuk membunuh bakteri penyebab sariawan dan mengurangi rasa nyeri yang di sebabkan oleh sariawan itu sendiri.

4. Daun Kemangi
.

Menguyah daun kemangi merupakan cara mengobati sariawan dengan ceapat dan tidak perih. ambila beberapa daun keamangi kemudian kunyah setelah itu baru berkumur, tindakan ini bisa dilakukan 3-4 kali sehari hingga sariawan sembuh. 5. Obat Oles.

Obat oles ini bisa anda dapatkan di apotik yang mana pada obat oles ini mengandung bahan aktif kortikosteroid, benzocaine, atau fluocinonide dapat mengurangi rasa sakit akibat sariawan dan mempercepat penyembuhan.

Namun perlu di ingat untuk pemakaian obat ini perlu resep dari dokter dan sebaiknya anda memprisakan ke dokter gigi apabila dalam waktu 3 minggu tidak kunjung sembuh, berukuran besar dan terasa perih, walapun sudah minum obat pereda rasa nyeri, begitupun jika sariawan di sertai demam dan kesulitan untuk makan dan minum, sebaiknya segerala membawa ke doter gigi yang lebih berpengalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *